Seminar Universitas PGRI Semarang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Font Size: 
LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP EKOSISTEM
Emut Sisoati

Last modified: 2012-08-09

Abstract


Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

Lesson Study dilaksanakan di SMA Negeri 16 pada kelas X semester genap pada konsep Ekosistem. Kegiatan pembelajaran sebelum diterapkannya lesson study proses (aktivitas belajar) dan hasil belajar persentase siswa yang tuntas hanya 60%. Kemudian diterapkannya Lesson Study diharapkan proses dan hasil belajar anak akan meningkat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar lesson study I persentase siswa yang tuntas sebesar 83,9%, dan pada lesson study II persentase siswa yang tuntas 78,6%. Aktivitas siswa dalam eksplorasi pada Lesson Study I sangat tinggi sebesar 42%, dan aktivitas tinggi 58%, sedangkan pada Lesson Study II aktivitas siswa dalam eksplorasi kriteria tinggi 78,7% dan sedang 21,3%. Sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas pada Lesson Study I kriteria sangat tinggi 38,8% dan tinggi 61,2%, pada II sangat tinggi 21,5%, tinggi 60,7% dan sedang 17,8%. Sedangkan untuk kriteria kurang dan sangat kurang tidak ada.

Kata Kunci : Lesson Study, Proses Belajar, Hasil Belajar , Konsep Ekosistem


Full Text: PDF