Seminar Universitas PGRI Semarang, Optimalisasi Pemahaman Sains Sebagai Upaya Pembangunan Pola pikir dan Perilaku Ilmiah Berkarakter

Font Size: 
PEMBELAJARAN BERBASIS GROWTH MINDSET UNTUK MENINGKATKAN STRUKTUR KOGNITIF MAHASISWA
Maria Ulfah, Eny Hartadiyati, Praptining Rahayu

Last modified: 2012-10-18

Abstract


Pendidikan hendaknya melihat jauh ke depan dan memikirkan apa yang akan dihadapi peserta didik di masa yang akan datang, yaitu melalui suatu proses pembelajaran yang mengembangkan pola pikir peserta didik (growth mindset). Salah satu desain alternatif pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran berbasis growth mindset, sehingga struktur kognitif dapat ditingkatkan dan diharapkan pemahaman konsep materi pembelajaranpun akan tercapai. Pemahaman terhadap suatu konsep materi akan sangat membantu dalam peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan struktur kognitif mahasiswa melalui model pembelajaran genetika berbasis growth mindset.

Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Semarang semester IV dengan menggunakan metode eksperimen. Subyek terdiri dari dua kelas, yaitu satu sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional dan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan basis growth mindset. Data diambil dari hasil tes mahasiswa, penilaian proposisi peta konsep dan observasi pelaksanaan proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai tes yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Demikian pula dengan penilaian proposisi peta konsep, kelas eksperimen mampu membuat peta konsep mendekati sempurna dengan persentase 84%  mahasiswa. Melihat hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis growth mindset dapat meningkatkan struktur kognitif.

Kata kunci : struktur kognitif, growth mindset.