Seminar Universitas PGRI Semarang, Optimalisasi Pemahaman Sains Sebagai Upaya Pembangunan Pola pikir dan Perilaku Ilmiah Berkarakter

Font Size: 
Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Model Problem Base Learning Melalui Lesson Study
Praptining Rahayu

Last modified: 2012-12-19

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu membutuhkan profesionalisme guru. Kegiatan lesson study merupakan salah satu sarana bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya dalam mengajarkan IPA secara terpadu. Melalui kegiatan lesson study yang terdiri atas tiga tahap yaitu plan, do dan see, guru dapat meningkatkan pembelajaran secara sistematis, serta dapat membangun pengetahuan pedagogis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran IPA terpadu menggunakan model pembelajaran problem base learning, yaitu dengan menyajikan permasalahan kepada siswa untuk dipecahkan melalui suatu metode ilmiah. Melalui pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kerja ilmiah siswa dan menciptakan pembelajaran IPA yang efektif.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan pendidikan (Education Research and Development). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah dimulai dengan menyusun perangkat pembelajaran secara bersama-sama dengan tim lesson study, kemudian perangkat pembelajaran tersebut diujicobakan ke kelas penelitian sampai tiga kali.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan model problem base learning melalui kegiatan lesson study dapat membantu guru mengembangkan perangkat pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil observasi tiap kelas uji coba serta rata-rata hasil tes siswa yang semakin meningkat dari kelas uji coba pertama hingga ketiga. Keterampilan kerja ilmiah dapat membantu siswa untuk dapat memahami materi pelajaran IPA yang disajikan secara terpadu sehingga pemahaman siswa pun dapat secara utuh /menyeluruh.

 

Kata Kunci : Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu, Model Problem Base Learning, Lesson Study.