Seminar Universitas PGRI Semarang, Optimalisasi Pemahaman Sains Sebagai Upaya Pembangunan Pola pikir dan Perilaku Ilmiah Berkarakter

Font Size: 
Pembelajaran IPA SD Berorientasi Outdoor Learning
Fitriani Ulfatus Sa’adah

Last modified: 2014-01-11

Abstract


Pembelajaran dalam ranah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  (KTSP) menuntut kreativitas guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk kreativitas guru tersebut adalah dengan menyelenggarakan pembelajaran berorientasi outdoor learning. Melalui penelitian ini, siswa diharapkan dapat memunculkan keterampilan proses, aktivitas belajar, dan menciptakan suasana belajar yang kondusif selama mengikuti pembelajaran berorientasi outdoor learning. Pelaksanaan pembelajaran IPA SD Berorientasi outdoor learning diawali dengan pengembangan perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, LKS, dan alat evaluasi yang kemudian seluruh perangkat tersebut divalidasikan untuk selanjutnya direvisi dan diimplementasikan. Selama uji coba, dilakukan pengamatan keterampilan proses, aktivitas belajar siswa dan pada akhir pembelajaran dilakukan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA SD berorientasi outdoor learning dapat membantu siswa lebih  terampil dan aktif dalam pembelajaran serta mendapatkan hasil belajar yang lebih baik.

 

Kata kunci: IPA SD,  Outdoor Learning,  Keterampilan Proses, Aktivitas, Hasil Belajar.


Full Text: PDF