Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PENGELOLAAN DAN STRATEGI UMKM DI ERA DISRUPSI DIGITAL
Aryan Eka Prastya Nugraha

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memberi pemahaman mengenai pengelolaan dan strategi yang tepat dalam menghadapi arus informasi yang sangat cepat berubah, khususnya pada persiapan UMKM dalam menghadapi disrupsi digital. Literature review papers (LRPs) menjadi desain yang digunakan dalam artikel ini. Langkah LRP sendiri terdiri dari menguraikan struktur dan tujuan tinjauan, kemudian menyajikan literatur penyampaian logis. Pengelolaan dan strategi UMKM sangat kompleks untuk perlu dipersiapkan. Diantaranya mempersiapkan pengelolaan model bisnis yang saat ini masih konvensional menjadi model digital. Banyak tantangan untuk menerapkan hal tersebut namun sangat mungkin dilakukan. Strategi dalam bentuk inovasi produk, harga dan fitur juga perlu dipelajari dan diterapkan oleh pelaku UMKM untuk dapat bersaing dengan sekian banyak UMKM lokal dan internasional yang sudah mulai memanfaatkan sistem digital. Disrupsi digital tidak untuk menjadi hal dikhawatirkan pelaku UMKM, namun harus mampu dimanfaatkan momen perubahan tersebut menjadi kesempatan bisnis yang menguntungkan, tentu harus mempertimbangkan kesiapan pelaku UMKM untuk terus belajar dan beradaptasi dengan teknologi.

Keywords: management, strategy, SMEs, digital, disruption


Full Text: 887-890