Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DANKEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA MENANGKALPROPAGANDA RADIKALISMEPADA PESERTA DIDIK DI SMA N 11 SEMARANG
Ezu Nur Mazidah

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Untuk mencapai tujuan yang dikehendaki, Peran Guru dalam menangkal radikalisme di sekolah selalu di
hadapkan dengan permasalahan yang menyangkut terancamnya ketahanan nasional. Penanaman yang di
lakukan guru dalam diri peserta didik adalah nilai-nilai suka bekerja sama, menjunjung persatuan dan
kesatuan, memiliki nasionalisme dan patriotisme, cinta damai dan waspada terhadap ancaman. Jenis
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 11 Semarang.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk menganalisis
data menggunakan metode analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Serta adanya teknik keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Guru
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraandalam menangkal propaganda radikalisme pada peserta didik di
SMA Negeri 11 Semarang dilakukan dengan bersosialisasi melalui kegiatan pembelajaran dikelas dalam
materi Ancaman Terhadap Negara Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Tentang Radikalisme. Melalui
sosialisasi diharapkan dapat membangun nilai kerjasama yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap
negara dan dapat membangun nilai-nilai gotong royong yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap
NKRI.
Kata Kunci : Peran Guru, Propaganda, Radikalisme.

Full Text: 749-761