Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PENGARUH MEDIA GAWANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETEPATAN PASSING BAWAH MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS XI SMAN 1 PECANGAAN
Ade Irwan Novianto

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Penelitian ini bertujuany untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar passing menggunakan
kaki bagian dalam jika diberikan dengan memodifikasi alat bantu pembelajaran menggunakan media gawang.
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sempling dikatakan simple
(sederhana) karena pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang
dalam populasi itu. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI Bahasa SMAN N 1 Pecangaan. Berdasarka
hasil penelitian hasil ketepatan passing menggunakan media gawang kelas XI Bhasa, diketahui bahwa nilai
Sig. Sebesar 0,000 < 0,05 maka ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar passing
bawah sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan tabel deskriptif, diketahui bahwa nilai rata-rata
passing bawah sebelum perlakuan adalah 4,6667 dan setelah perlakuan naik menjadi 6,697. Kenaikan nilai
passing bawah setelah diberikan perlakuan adalah 43,5%. Jadi dapat dikatakan bahwa metode eksperimen
efektif meningkatkan nilai passing bawah siswa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan
hasil belajar pada XI Bahasa yang diberi perlakuan menggunakan modifikasi gawang dan diberikan
(treatmen) memiliki peningkatan yang signifikan. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah pembelajaran
bagi siswa harus menyenangkan dan bervariasi, agar tidak membuat peserta didik cepat bosan dan jenuh
sehingga dalam penyerapan materi terhadap teknik yang diberikan akan menjadi lebih baik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Modifikasi, Passing kaki dalam.


Full Text: 664-666