Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER KARATE ALIRAN GOJU-RYU DI MTs NEGERI Se-KABUPATEN TEGAL
Wan Alam

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana karakter siswa dilihat dan diteliti melalui
ekstrakurikuler karate sehingga mampu menanamkan karakter tersebut didalam diri sendiri dan
diterapkan saat pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
menanamkannilai-nilai karakter yang mengacu pada 18 nilai karakter untuk masing-masing siswa
kelas VII, VIII, IX MTs Negeri Se-Kabupaten Tegalyang meliputi MTs Negeri 1 Tegal dan MTs
Negeri 2 Tegal dengan mengikuti ekstrakurikuler karate. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriftif dalam bentuk observasi, wawancara, dan angket kuisioner. Populasi penelitain
adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler karate.Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII,
VIII, IX MTs Negeri 1 dan 2. Data dalam penelitian diperoleh melaluiwawancara dan pengisian
angket dandokumentasi. Berdasarkan hasil analisis setelah melakukan wawancara dan data
pengisian angket kuisioner hasil dari penanaman nilai karakter melalui ekstrakurikuler karate
menunjukan hasil bahwa 98% siswa yang mengikuti ekstrakurikuler karate memiliki karakter yang
sangat baik, hasil itu didapatkan setelah peneliti meneliti keseharian siswa yang mengikuti
ekstrakurikuler karate saat pembelajaran dimadrasah, bagaimana nilai karakter yang ada di karate
mampu diterapkan dikehidupan sehari-hari. Seperti yang dilandasi disumpah karate yang
didalamnya berisi dimana seorang karateka mampu bertanggung jawab atas segala perbuatannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah pendidikan karakter wajib
ditananmkan melalui semua ekstrakurikuler dan wajib untuk diterapkan dimadrasah dan di
kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Observasi, penanaman nilai-nilai karakter, hasil penanaman.


Full Text: 632-637