Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJARSHOTTING BOLA BASKET PADA SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 3 BREBES 2018
Rifky Agustrianto

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar yang kurang maksimal, siswa kurang tertarik dengan metode pengajarannya dan juga kurangnya pengembangan materi seperti penjelasan secara detail mengenai teknik tekniknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran TGT pada shotting bola basket siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar shotting bola basket siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes melalui penerapan model pembelajaran TGT. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa VIII G. Data dalam penelitian diperoleh melalui studi literatur, tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan rata-rata nilai pretest adalah 76,45 (kurang dari KKM) dan nilai rata-rata posttest adalah 80,77. Hasil analisis hasil belajar siswa menunjukan uji-t dengan menggunakan Paried-Sampels T Test diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) < α, yaitu sebesar 0,000030 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan H0 ditolak H1 diterima, artinya model pembelajaran Team Games Tournament dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi shooting bola basket siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes.

Kata kunci: Model Team Games Tournament, Shotting, Hasil Belajar


Full Text: 514-518