Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE SISWA SMK
Irvana Ahmad Muzzzamil

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Berdasarkan latar belakang hasil belajar siswa SMK materi lompat tinggi Gaya Straddle masih rendah. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional, hal ini mengakibatkan siswa merasa bosan karena pembelajaran belum menggunakan metode lain yang menarik.Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle Siswa SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Nahdatul Ulama Tahun Ajaran 2017/2018. Hasil perhitungan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil tes diperoleh rata-rata hasil belajar yang terdiri dari nilai kognitif, afektif, psikomotor masing-masing sebesar 7,4%, 22,7%, 10%.. Maka diperoleh nilai lompat tinggi gaya straddle adalah 75,00, sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode konvensional adalah 67,60. Berdasarkan hasil uji t nilai thitung > ttabel yaitu 2,929 >1,686 pada taraf signifikan 5% maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini terbukti bahwa ada Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle Siswa Kelas X , jadi ada pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap hasil belajar lompat tinggi gaya straddle siswa kelas X SMK Nahdatul Ulama Kunduran dengan nilai posttest 75, 00, maka daeri itu ada peningkatan sebanyak 6,5%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Permainan Tradisional Lompat Tali, Lompat Tinggi Gaya Straddle


Full Text: 508-513