Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
TANTANGAN SDM MELALUI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH
Pandu Kresnapati

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru penjas harus berpedoman pada kurikulum yang di sesuaikan, sehingga diharapkan siswa akan dapat mencapai standar kompetensi dan tujuan dari pembelajaran tersebut. Agar tercapai tujuan tersebut guru penjas dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran, baik dalam penggunaan media teknologi maupun dalam strategi pendekatan pembelajarannya. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan satu mata ajar yang diberikan di suatu jenjang sekolah tertentu yang merupakan salah satu bagian dari pendidikan keseluruhan yang mengutamakan aktivitas jasmani. Pendidikan jasmani adalah proses belajar untuk bergerak,dan belajar melalui gerak. Ciri dari pendidikan jasmani adalah belajar melalui pengalaman gerak untuk mencapai tujuan pengajaran melalui pelaksanaan, aktivitas jasmani, bermain dan olahraga. Upaya peningkatan kualitas pembelajaran dari waktu ke waktu, harus bisa memfasilitasi pembelajaran dalam berbagai kondisi dan latar belakang siswa baik secara vertical maupun horizontal, mudah dan meluas serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dalam proses pembelajaran penjas disekolah dengan adanya dukungan media teknologi diharapakan dapat memberikan sumbangsih yang positif dalam proses pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik di sekolah sehingga siswa akan lebih mudah belajar materi yang disampaikan guru pada jam pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran sampai pada akhirnya siswa akan lebih mudah memahami dan mampu mempraktekan materi hasil belajar.

Kata Kunci : Teknologi Pendidikan, Pembelajaran Penjas



Full Text: 441-446