Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK PUTRA GHOFUR DI PEKALONGAN
Isti Nur Arifah

Last modified: 2018-11-11

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Sejarah Perkembangan Batik Pekalongan dan Pengembangan usaha Batik Putra Ghofur di Pekalongan. mengenai masalah dari dampak pencemaran limbah Pabrki Batik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perkembangan Batik Pekalongan tahun 1950 hingga sekarang dan Mengetahui Strategi Pengembangan Usaha Batik Putra Ghofur Di Pekalongan. Sejarah berdirinya Batik Putra Ghofur di Pekalongan, Dari segi strategi pengembangan usaha, Starategi pemasaran, Strategi pengembangan motif, Strategi pengembangan /penambahan lini produk. Dan Proses perijinan batik putra ghofur pekalongan serta dampak pencemaran limbah Pabri batik. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Lokasi penelitian terletak di kota Pekalongan. Informan dalam penelitian adalah pemilik Batik putra ghofur Pekalongan, karyawan dan konsumen. Hasil penelitian menujukan bahwa perkembangan batik pekalongan tahun 1950 hingga sekarang dan strategi pengembangan usaha Batik Putra Ghofur di pekalongan dipicu oleh warisan nenek moyang yang mendorong pendirian koperasi batik sehingga membuat batik pekalongan menjadi berkembang. Dan menjadikan salah satu icon dipekalongan serta menambah kesejahteraan masyarakat pekalongan. Dengan dijuluki the word of city batik Batik putra ghofur menjadi salah satu Produsen batik yang berkembang dengan tetap konsisten menjaga hasil produksinya yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dengan tetap menggunakan alat-alat tradisonal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pengembangan Usaha Batik Putra Ghofur menjadi awal perkembangan batik yang ada di kota pekalongan. Batik putra ghofur tetap melestarikan budaya dari nenek moyang serta tetap konsisten menjaga kualitas produksinya dari segi corak dan motif slalu mengeluarkan inovasi baru tanpa meninggalkan motif tempo dulu yaitu motif jlamprang.

Kata Kunci: Batik Pekalongan, Strategi Pengembangan usaha Batik Pekalongan


Full Text: 333-343