Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KLINIK ASSALAMAH BEAUTY CARE KALIWUNGU KENDAL
Erni Styani, Novika Wahyuhastuti

Last modified: 2018-11-07

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya klinik kecantikan dan tingginya permintaan perawatan kecantikan. Rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh positif dan signifikan bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan
empati terhadap kepuasan pelanggan klinik Assalamah Beauty Care. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
menguji kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan klinik Assalamah Beauty Care. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 96 responden di distribusikan secara langsung dengan menggunakan teknik purposive sampling, kemudian diolah
dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi Bukti Fisik (X1) sebesar 0,020; Keandalan
(X2) sebesar 0,026; Daya Tanggap (X3) sebesar 0,029; Jaminan (X4) sebesar 0,021; dan Empati (X5) sebesar 0,018. Semua
variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai nilai signifikansi kurang dari 0,05 yang berarti bahwa
variabel independen (X) berpengaruh terhadap variabel dependen (Y). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bukti fisik,
keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan klinik
Assalamah Beauty Care. Saran yang diberikan peneliti yaitu klinik Assalamah Beauty Care harus selalu meningkatkan
kualitas pelayanan yang dimiliki demi tercapainya kepuasan pelanggan.


Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan


Full Text: 181-187