Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN PUZZLE BERBANGSA DALAM MATA PELAJARAN PPKn KELAS X SMK N 6 SEMARANG
Ayu Novia Nuzul

Last modified: 2018-10-31

Abstract


Judul skripsi “Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa melalui Penerapan Puzzle Berbangsa dalam Mata
Pelajaran PPKn kelas X SMK N 6 Semarang”. Latar belakang dari penelitian ini adalah Keterampilan sosial
sangat penting bagi anak. Mengingat anak akan beranjak dewasa dituntut untuk mampu bersaing maupun hidup
selaras dalam dunia kerja. Maka dari itu siswa tidak hanya dibekali kemampuan akademik, diharapkan seluruh
siswa memiliki keterampilan sosial yang tinggi. Meskipun penting tetapi kondisi di lapangan keterampilan
sosial siswa masih kurang, dalam pembelajaran PPKn keterampilan sosial siswa masih kurang.
Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif. Lokasi penelitian di SMK N 6 Semarang. Populasi penelitian
ini adalah kelas X SMK N 6 Semarang dengan jumlah 450 siswa. Sampel yang diambil adalah 2 kelas. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi.
Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa skor keterampilan sosial siswa setelah mendapatkan
perlakuan berupa penerapan puzzle berbangsa di kelas eksperimen siklus 1 skor yang diperoleh yaitu 86,8
dengan kategori bagus, selanjutnya siklus 2 skor yang diperoleh yaitu 109,3 dengan kategori sangat bagus,
lebih tinggi dibandingkan skor kelas kontrol yaitu 45,9 dengan kategori kurang bagus yang pembelajarnnya
menggunakan ceramah.
Terdapat peningkatan yang signifikan antara rata-rata dan persentase keterampilan sosial siswa di kelas kontrol,
eksperimen. Adapun rata-rata kelas kontrol 45,9 dengan kategori kurang bagus, pada kelas eksperimen
meningkat menjadi rata-rata 86,8 kateegori bagus pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 109,3 kategori
sangat bagus pada siklus 2. Begitupula dengan persentase ketercapaian skor yang meningkat dari kelas kontrol
31,7% meningkat menjadi 60,2% pada kelas eksperimen siklus 1, dan meningkat lagi menjadi 75,9% pada
siklus 2.


Kata Kunci: Keterampilan Sosial Siswa, Puzzle Berbangsa


Full Text: 132-137