Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
EFEKTIVITAS KURIKULUM 2013 REVISI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 JUWANA
Anis Mawarti

Last modified: 2018-10-31

Abstract


Skripsi yang berjudul “Efektivitas Kurikulum 2013 revisi dalam membentuk karakter peserta didik di SMA
Negeri 1 Juwana” dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa dalam dunia
kerja tidak hanya membutuhkan skill saja, melainkan karakter juga sangat berpengaruh. Mereka menganggap
orang yang mempunyai skill sedang dan karakter yang baik lebih menguntungkan dari pada skill yang baik dan
karakternya buruk. Dalam hal ini, kurikulum 2013 menguatkan pendidikan karakter. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana Efektivitas Kurikulum 2013 revisi dalam membentuk karakter peserta didik di
SMA Negeri 1 Juwana. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah mengetahui Efektivitas Kurikulum 2013
revisi dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Juwana.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif
adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan
keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) efektivitas kurikulum 2013 revisi terdiri dari sub variabel
pemanfaatan sumber daya dengan indikator manajemen dan kepempinan sekalah 72%, pemanfaatan sumber
belajar 75%, penggunaan media belajar 75%, penggunaan strategi dan model-model 80%, kinerja guru 76%;
sarana kurikulum 2013 dengan indikator Alat pelajaran 71%, Alat peraga dan media pengajaran 71%; dan
prasarana kurikulum 2013 dengan indikator ruang kelas 67%, perpustakaan 70%, laboratorium 67%. Karakter
peserta didik yang terdiri dari religius 94%, nasionalis 84%, integritas 84%, gotong royong 85%, mandii 83%.
2)nilai thitung 5,590 > 1,6499 ttabeldan signifikansi 0,000 < 0,05 jadi H0 ditolak dan Hi diterima bahwa efektifitas
kurikulum 2013 revisi berpengaruh positif dalam membentuk karakter peserta didik. 3) Uji koefisien
determinasi R2 = 0,97= 97%, berarti efektivitas kurikulum 2013 revisi mempengaruhi karakter sebesar 97%.


Kata kunci: Efektivitas, Kurikulum, Kurikulum 2013 revisi, Karakter


Full Text: 123-127