Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
Ahmad Syafiqunuha

Last modified: 2018-10-31

Abstract


Analisis keterampilan mengajar dosen dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan
Ekonomi universitas PGRI Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian
yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh keterampilan mengajar dosen terhadap motivasi belajar
mahasiswa pendidikan ekonomi. 2) adakah pengaruh lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa
pendidikan ekonomi. 3) adakah pengaruh keterampilan mengajar dosen dan lingkungan kampus terhadap motivasi
belajar mahasiswa mahasiswa pendidikan ekonomi.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya adalah mahasiswan Pendidikan
Ekonomi angkatan 2015 yang berjumlah 168 mahasiswa. Sampel diambil dengan sampel acak dengan tingkat
kesalahan 5%, maka jumlahnya menjadi 118 mahasiswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan
dokumentasi. Uji instrumen ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas data. Uji asumsi klasik terdiri dari uji
multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi.
Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh positif keterampilan mengajar dosen terhadap motivasi belajar dengan tingkat
signifikan 0,019 < 0,05 dengan thitung 2,388. 2) terdapat pengaruh positif lingkkungan kampus terhadap motivasi belajar
dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dengan thitung 3,683. 3) terdapat pengaruh positif keterampilan mengajar dosen
dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dengan Fhitung 14,015.


Kata Kunci: Keterampilan mengajar dosen, Lingkungan Kampus, Motivasi Belajar


Full Text: 78-83