Last modified: 2014-01-15
Abstract
Dalam rangka menghasilkan lulusan yang profesional maka selain kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar perlu juga ditinjau tentang Pelaksanaan pelayanan akademik, Pembelajaran, dan Sarana Prasarana di Progdi PGSD. Mengingat bahwa antusiasme Peserta PMB tahun 2011 terhadap Progdi PGSD IKIP PGRI Semarang sangat tinggi dengan rasio 1:10 maka perlu dikembangkan tentang pelayanan Akademik, pembelajaran, dan Sarana Prasarana yang Efektif untuk menunjang berjalannya pelaksanaan kurikulum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Progdi PGSD IKIP PGRI Semarang, sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Progdi PGSD IKIP PGRI Semarang angkatan 2009/2010 dan 2010/2011 dalam setiap kelas diambil secara acak sejumlah 150 mahasiswa dari 15 kelas terdiri 7 kelas semester 4 dan 8 kelas semester 2.
Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara proportional random sampling dimana sampel diambil secara proporsional sesuai jumlah populasi per kelas. Rata rata per kelas sampel diambil secara acak sejumlah 9-10 mahasiswa. Secara keseluruhan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik setelah dikategorikan bahwa 73% responden menilai pelayanan akademik di progdi PGSD cukup, 13 % responden menilai baik, dan 14% responden menilai pelayanan akademik di progdi PGSD kurang baik. Dari 9% responden menilai sarana prasaran di progdi PGSD sangat baik, 15 % responden menilai baik, 43% responden meniali cukup dan 33% responden menilai sarana prasaran di progdi PGSD kurang baik
Penelitian ini juga dapat diperluas dengan menambah responden bukan hanya dari kalangan mahasiswa. Responden dapat berasal dari kalangan luar progdi seperti orang-tua mahasiswa dan Sekolah yang menerima lulusan Progdi PGSD IKIP PGRI Semarang.