Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Hasil-Hasil Penelitian

Font Size: 
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS BERPIKIR ANALISIS PADA MATERI ANALISIS KOMPLEKS SEMESTER VII
Rasiman Rasiman, Maya Rini Rubowo

Last modified: 2018-06-08

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran denganPendekatan Konstruktivisme Berbasis Berpikir Analisis Pada Materi AnalisisKompleks Semester VII terhadap prestasi belajar mahasiswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasy Experimental.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester gasal 2012/2013 SemesterVII IKIP PGRI Semarang yang terdiri dari sembilan kelas. Dengan teknik purposivesampling dipilih dua kelas, kelas VIIG sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIDsebagai kelas kontrol. Variabel penelitian dalam penelitian ini yaitu aktivitasmahamahasiswa (X) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar (Y) sebagai variabelterikat. Cara pengambilan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Olah datadengan uji banding dan uji pengaruh.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran mencapai efektif yangditandai oleh: a) Rataan aktivitas dan nilai akhir mahasiswa secara individu melebihiKKM=70, dan secara klasikal lebih dari 85% mahasiswa memperoleh nilai 65,diperoleh rataan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa mencapai ketuntasan, b)Pengaruh aktivitas terhadap nilai akhir dengan persamaan Y 14 ,468 0 ,862 X^ artinya variable aktivitas (X) memberikan pengaruh positif terhadap nilai akhir (Y)juga dengan R Square 1,000 artinya variable aktivitas (X) memberikan kontribusiterhadap nilai akhir (Y) sebesar 67,4 %, c) Rataan kelas eksperimen sebesar 75,33dan kelas kontrol sebesar 72,56, maka kelas eksperimen memiliki rataan nilai akhirlebih baik secara signifikan dari pada rataan kelas kontrol.Kata

Kunci : Konstruktivisme, Berpikir Analisis, Analisis Kompleks, Efektif


Full Text: PDF