Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Hasil-Hasil Penelitian

Font Size: 
OPTIMALISASI KEMAMPUAN MERANCANG KETERAMPILAN DASAR IPS MELALUI IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING
Iin Purnamasari, Mudzanatun ikip pgri semarang, Eka Agustine Winarningsih

Last modified: 2015-06-17

Abstract


Penelitian tentang Optimalisasi Kemampuan Merancang Keterampilan Dasar IPS melalui Implementasi Cooperatif Learning bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan pembelajaran IPS selama ini ; (2)  merancang keterampilan dasar IPS dengan implementasi cooperatif learning.

Penelitian ini merupakan prosedur yang menghasilkan   data deskriptif berupa kata-kata yang diperoleh dari berbagai teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, analisis dokumen, wawancara, dan perekaman gambar        untuk mengetahui kegiatan yang berlangsung. Penelitian ini    dilakuan dengan empat tahap penelitian yaitu (1)   studi pendahuluan, (2) tahap II : pengembangan awal, (3) tahap III: pengembangan keterampilan dasar IPS,  (4) tahap IV: perbaikan. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan (1) observasi, (2) wawancara, (3) perekaman gambar.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan  dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran IPS bagi mahasiswa merupakan materi yang sangat luas cakupannya sehingga tidak mudah dalam   mendeskrisikan dan memahami subtansi      materi pembelajaran jika hanya dilakukan pembelajan satu arah dan metode yang tidak bervariasi, (2) merancang keterampilan dasar IPS bagi mahasiswa sebagai calon guru dapat dilakukan salah satunya dengan berlatih menyusun Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) melalui implementasi model cooperative learning terutama pada komponen metode pembelajaran .

kata kunci : optimalisasi, kemampuan , Cooperative Learning

 


Abstract

Research on Optimizing Capabilities IPS Designing a Basic Skills through the implementation of cooperative learning intend to: (1) describe the social studies lesson for this; (2) designing the basic skills IPS with the implementation of cooperative learning.

This research is a procedure that produces descriptive data in the form of words that is obtained from a variety of data collection techniques used in this research is to use the method of observation, analysis of documents, interviews, and recording the image to determine the activities that took place. This study was done with the four stages of the study are (1) a preliminary study, (2) Stage II: early development, (3) phase III: IPS basic skills development, (4) stage IV: improvement. The data collection techniques do with (1) observation, (2) interview, (3) recording the image.

Based on research conducted it can be concluded that: (1) learning social studies for students is a very wide-ranging material so it is not easy in mendeskrisikan and understand the substance of learning material if only done pembelajan one direction and method that does not vary, (2) designing the basic skills IPS for students as teacher candidates can be done either by practicing arrange learning implementation Plan (RPP) through the implementation of cooperative learning model of the components, especially on learning methods.

Key Word : Optimizing, Capabilities, Cooperative Learning

Full Text: Untitled