Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Hasil-Hasil Penelitian

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER BAGI MATA KULIAH PENDIDIKAN SENI TARI DAN DRAMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR IKIP PGRI SEMARANG
M.Th. S. R. Retnaningdyastuti, Mudzanatun ikip pgri semarang, Iin Purnamasari, Riris Setyo Sundari

Last modified: 2015-06-17

Abstract


Penelitian  Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer bagi Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama Program Studi PGSD bertujuan untuk (1) menjelaskan proses pembelajaran seni tari dan drama  pada Progdi PGSD IKIP PGRI Semarang; (2) menjelaskan pengembangan media pembelajaran pendidikan seni tari dan drama berbasis komputer pada mahasiswa progdi PGSD IKIP PGRI Semarang.

Metode penelitian yang digunakan  pada penelitian ini yaitu Research and Development. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Tenik Analisis data  yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Simpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran mata kuliah seni tari dan drama di awali dengan teori dan  dilanjutkan ke praktik. Pembuatan karya drama diawali dengan apresiasi melihat penentasan tari dan drama. Selanjutnya mahasiswa membuat kreasi tari dan membuat skenario drama.  Mahasiswa berlatih sampai pementasan. Media Pembelajaran komputer sebagai fasilitas pembelajaran mata kuliah seni tari dan drama di progdi PGSD IKIP Semarang. Media dibuat pengampu untuk  mendukung pembelajaran perkuliahan. komputer juga membantu memperlancar mahasiswa bereksplorasi mencari berbagai pementasan seni tari dan drama. Komputer digunakan mahasiswa mendesain skenario pementasan dan mempresentasikan hasil karya sebelum dipraktikan dalam bentuk pementasan.

Saran mahasiswa hendaknya meningkatkan kreativitas dalam berkarya serta dapat meningkatkan kemampuan teknologi dengan mengoperasikan komputer untuk menunjang berbagai kegiatannya.

kata kunci: pengembangan, media, komputer

 


 

Abstract

Research Development of Computer Assisted Learning Media Education Course for Dance and Drama Studies Program PGSD aims to (1) describe the process of learning the art of dance and drama at the Teachers' Training College Progdi PGSD PGRI Semarang; (2) describes the development of instructional media arts education, dance and drama based on student computers progdi PGSD PGRI Semarang Teachers' Training College.

The method used in this research is Research and Development. Data collection techniques by observation, documentation, and interviews. Data techniques analysis: data reduction, data presentation, and draw conclusions.

The conclusions of this research that the learning process study eyes dance and drama at the start with the theory and continued to practice. Making the work of the drama begins with the appreciation of seeing showing dance and drama. Furthermore, the student makes the creation of dance and drama to create a scenario. Students practice until staging. Media Learning computer as a learning facility courses in dance and drama progdi PGSD Semarang Teachers' Training College. Media made instructor to support learning course. The computer also helps facilitate students seeking to explore a variety of dance and drama performances. Computers used to design student staging scenarios and present the work before practiced in the form of staging.

Student suggestions should foster creativity in their work and to improve the ability of technology to operate a computer to support a variety of activities.

Key Word : Developmen, media, computer


Full Text: Untitled