Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Hasil-Hasil Penelitian

Font Size: 
METODE ACTIVE SELF-ASSESSMENT (ASA) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN AFEKTIF GUNA MENUMBUHKAN JATIDIRI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD
Fine Reffiane, Djariyo ikip pgri semarang

Last modified: 2016-11-17

Abstract


Proses pendidikan sudah dimulai sejak manusia itu dilahirkan dalam lingkungan keluarga dilanjutkan dengan jenjang pendidikan formal, terstruktur dan sistematis dalam lingkungan sekolah. Di sekolah terjadi interaksi secara langsung antara siswa sebagai peserta didik dan guru sebagai pendidik dalam suatu proses pembelajaran.

Metode pembelajaran yang dipakai guru akan berpengaruh pula terhadap cara belajar siswa, yang mana setiap siswa yang mempunyai cara belajar yang berbeda antar siswa satu dengan yang lain. Untuk itu metode belajar yang dipilih sebaiknya metode yang dapat mendorong siswa untuk aktif dan kreatif dalam belajar. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah dengan menggunakan metode Active Self-assassment (ASa).


Full Text: Untitled