Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN TEORI SCHOENFELD PADA KELAS VIIIA MATERI BANGUN DATAR PRISMA SMP N 1 WEDUNG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016
Dewi Setyaningrum

Last modified: 2016-10-07

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Teori Schoenfeld Pada Kelas VIII A Materi Bangun Datar Prisma SMP N 1 Wedung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016”. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah “Bagaimana analisa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan teori Schoenfeld”. Secara rinci permasalahan bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa yang akan dibahas sesuai lima langkah pemecahan masalah menurut Schoenfeld diantaranya dalam Reading, Analysis, Exploration, Implementation, dan Verification. Pengumpulan data dilakukan melalu metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 3 orang yang dipilih dengan kriteria 1 orang siswa berkemampuan tinggi, 1 orang siswa berkemampuan sedang, dan 1 orang siswa berkemampuan rendah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, karena jenis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif yang berupa diskripsi kata-kata atau kalimat dan dalam bentuk gambar. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari ketiga subjek yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah terdapat perbedaan dalam kemampuan berpikir kritis. Secara singkat bagaimana kemampuan berpikir kritis ketiga subjek dalam menyelesaikan masalah matematika dengan teori Schoenfeld akan diuraikan sebagai berikut : subjek yang memiliki kemampuan tinggi mampu menguasai 12 indikator-indikator berpikir kritis dengan sangat baik, subjek berkemampuan sedang mampu menguasai 7 dari 12 indikator berpikir kritis yang ada, sedangkan subjek berkemampuan rendah hanya mampu menguasai 5 dari 12 indikator berpiki kritis yang ada. Saran untuk Guru mata pelajaran matematika adalah bisa menggunakan hasil penelitian ini untuk mengukur bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Guru juga bisa menyiapkan soal-soal yang bisa mengukur kemampuan berpikir kritis dengan langkah-langkah pemecahan masalah menurut Schoenfeld.

Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Teori Schoenfeld

Abstrack

This study entitled "Analysis of Critical Thinking Skills Students In Solving Mathematical Theory With Schoenfeld In Class VIII A Matter Bangun Datar Prisma SMP N 1 Wedung Even Semester Academic Year 2015/2016". The problems that arise in this research is "How the analysis of students' critical thinking skills in solving mathematical problems with the theory of Schoenfeld". In detail the question of how students' critical thinking skills that will be discussed in accordance five-step problem-solving by Schoenfeld of them in Reading, Analysis, Exploration, Implementation, and Verification. The data collection is done through methods of tests, interviews, and documentation. Subjects were three people chosen by the criteria of high ability students 1 person, 1 person being capable students, and one low-ability students. This research includes qualitative research, because this type of data in this study is qualitative descriptions in the form of words or sentences, and in the form of images. It can be concluded that the three subjects that have the capability of high, medium, and low there is a difference in the ability to think critically. Briefly how critical thinking skills three subjects in solving mathematical problems with the theory of Schoenfeld will be described as follows: a subject that has a high ability to master the 12 indicators of critical thinking very well, a subject capable of being able to control seven of the 12 indicators of critical thinking that there , while the low-ability subject only able to control 5 of the 12 indicators of critical forward- thinking. Suggestions for Teachers of mathematics courses are able to use this research to measure how students' critical thinking skills in solving mathematical problems. Teachers can also prepare questions that can measure critical thinking skills with problem solving steps according to Schoenfeld.

Keywords: Critical Thinking Skills, Theory Schoenfeld


Full Text: PDF