Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBANTUAN VISUALISASI GEOGEBRA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SEGIEMPAT SISWA KELAS VII
Silvina Susiyanti

Last modified: 2016-10-07

Abstract


Abstrak

Pengembangan E-Modul Dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Visualisasi Geogebra Di Smp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan E-modul dengan pendekatan PMR berbantuan Visualisasi Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi model 4D menjadi 3D dengan tahap define  (pendefinisian), design (perencanaan), dan development (pengembangan). E-modul dengan pendekatan PMR berbantuan Visualisasi GeoGebra  terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan juga angket tanggapan siswa. Diperoleh rata-rata penilaian validasi ahli materi 85,2%, validasi ahli media 89,2%, penilaian tanggapan siswa 85,2%, Jadi media E-modul layak digunakan dengan kategori sangat baik. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hal itu ditunjukkan dari uji t pihak kanan atau nilai rata-rata eksperimen yaitu 84,15 dan kelas kontrol yaitu 68,59 mencapai tuntas. Jadi pengembangan E-modul dengan pendekatan PMR berbantuan geogebra lebih baik dari pembelajaran konvensional pada materi keliling dan luas bangun datar.

Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, PMR, Visualisasi GeoGebra.

 

AbstractE-Modul Development Approach To Math Realistic Visualization Aided Geogebra In SMP. The purpose of this study was to determine whether there is a difference in student learning outcomes using the E-module approach GeoGebra PMR-aided visualization. This study is a Research and Development. The development of research using a modification of the 4D model into 3D with the define (definition), design (planning), and development (development). E-module with PMR approach aided visualization GeoGebra first tested the validation by media experts, subject matter experts and also questionnaire responses of students. Retrieved scoring average 85.2% validation of subject matter experts, media expert validation 89.2%, 85.2% votes student responses, so a decent media E-module is used with very good category. The results of experimental class learning better than the control class. It was shown on the right side t test or the average value of the experiment, namely 84.15 and 68.59 classes that achieve complete control. So the development of E-module with PMR approach aided learning GeoGebra better than conventional materials and wide circumferential flat wake.  Keywords: Development , e- module , PMR , Visualization GeoGebra

Full Text: PDF