Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LC5E DAN CRH BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Maharani Anisa

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang dikenai model pembelajaran LC5E berbantuan multimedia interaktif, CRH berbantuan multimedia interaktif dan model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling di SMA Negeri 1 Pecangaan. Metode pengumpulan data ini dengan menggunakan metode wawancara, metode tes, dan metode dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (a) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran LC5E berbantuan multimedia interaktif, CRH berbantuan multimedia interaktif dan model pembelajaran konvensional, (b) tidak ada perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran LC5E dan CRH berbantuan multimedia interaktif, (c) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran LC5E berbantuan multimedia interaktif lebih baik dari model pembelajaran konvensional, (d) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran CRH berbantuan multimedia interaktif lebih baik dari model pembelajaran konvensiona.

Kata Kunci: LC5E, CRH, Multimedia Interaktif, Hasil belajar

Abstract

This study aimed to determine whether there is an average difference between the learning outcomes of students who subjected assisted learning model LC5E interactive multimedia, interactive multimedia aided CRH and the conventional model. The population in this study were all students of class X SMA Negeri 1 Pecangaan. Samples were taken using cluster sampling technique of random sampling at SMA Negeri 1 Pecangaan. These data collection methods using interviews, test methods, and methods of documentation. Results show that: (a) there are differences in the average learning outcomes of students with learning model LC5E aided interactive multimedia, CRH aided interactive multimedia and conventional learning model, (b) there was no difference in student learning outcomes between learning model LC5E and CRH-assisted multimedia interactive, (c) the learning outcomes of students with learning model LC5E aided interactive multimedia better than conventional learning models, (d) the learning outcomes of students with learning model CRH aided interactive multimedia learning model is better than konvensiona.

Keywords: LC5E, CRH, Interactive Multimedia, learning outcomes



Full Text: PDF