Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
PROFIL BERPIKIR MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN DIFERENSIAL
Ayu Faradillah

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir matematis mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah persamaan diferensial. Materi persamaan diferensial yang digunakan pada penelitian ini adalah persamaan diferensial tingkat satu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dekriptif kualitatif. Aktivitas-aktivitas berpikir matematis pada penelitian ini terbagi menjadi empat, yaitu specializing, generalizing, justifying dan conjecturing. Hasil penelitian ini mendeskripsikan berpikir matematis mahasiswa calon guru berdasarkan keempat aktivitas tersebut. Pada specializing menunjukan bahwa mahasiswa masih belum memahami cara untuk membuat grafik persamaan atau contoh soal lain yang serupa atau mirip dengan masalah yang diberikan. Sedangkan pada aktivitas generalizing, hanya sedikit mahasiswa yang sudah bisa mengkategorikan atau menggeneralisasikan jenis-jenis masalah yang diberikan sehinga mereka dapat menyelesaikan secara umum. Justifying, dalam membuat kesimpulan untuk masalah yang diberikan, masih banyak mahasiswa yang belum bisa menyimpulkan masalah yang diberikan. Hal ini mengindikasikan bahwa mahasiswa belum memahami hal apa yang seharusnya diselesaikan dalam masalah yang diberikan pada materi persamaan diferensial. Aktivitas keempat pada penelitian ini yaitu conjecturing, mahasiswa kesulitan dalam menduga penyelesaian masalah yang diberikan. Sehingga masih banyak mahasiswa yang belum benar dalam menyelesaikan masalah persamaan diferensial yang diberikan oleh peneliti. Berdasarkan keempat aktivitas berpikir matematis yang peneliti gunakan, terlihat bahwa mahasiswa calon guru masih kurang dalam semua aktivitas tersebut.

Kata Kunci: Profil, Berpikir Matematis, Persamaan Diferensial

 

Abstract

The purpose of this research is to describe mathematical thinking mathematics preservice teachers to solve differential equations problems. The material of differential equations used in this research was differential equations level-1. The method of this research was descriptive qualitative. The activities of mathematical thinking in this research is divided into four, namely specializing, generalizing, justifying and conjecturing. The results of this research is describe the mathematical thinking preservice teachers based on the four activities. Specializing shows that students still do not understand how to make graph equations or another example questions or similar problem given. While in generalizing activity, only a few students were already able to categorize or generalize these kinds of problems are given hence they can finish the problem in general. Justifying, making conlusion from given problems, there are many students who have not been able to conclude a given problem. This indicates that the student has not understood what it should be completed within the given problem on the material differential equations. The fourth activity in this research is conjecturing, students difficult to predicting the conjecture of a given problem. So there are many students who have not been true in solving the problem of differential equations given by researcher. Based on the fourth mathematical thinking’s activity that the researcher used, it appears that student teachers still lacking in all of these activities.

Keywords: Profile, Mathematical Thinking, Differential Equation


Full Text: PDF