Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP LIMIT
Nurafni Nurafni

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemahaman mahasiswa terhadap konsep limit berdasarkan gaya kognitif field independent. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II UHAMKA Jakarta. Penelitian dimulai dengan menentukan subjek penelitian menggunakan instrumen GEFT serta kesediaan mahasiswa dan hasil konsultasi dengan dosen bidang studi juga menjadi pertimbangan peneliti untuk memilih subjek, kemudian dilanjutkan dengan pemberian tes pemahaman konsep limit fungsi (TPKLF) dan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu.

Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa ketika menyatakan makna limit yang diberikan menggunakan bahasanya sendiri dengan cara mensubstitusikan fungsi yang diketahui kedalam notasi limit yang diberikan. Ketika menggunakan konsep limit untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, subjek melihat nilai pendekatan dipersekitaran titik yang diberikan pada soal menggunakan tabel dan mengkaitkan antara konsep limit yang diketahuinya untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Ketika menggunakan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep untuk menentukan ada atau tidaknya suatu limit, subjek  menggunakan grafik sebagai representasi kemudian menggunakan syarat perlu dengan melihat limit kiri dan limit kanannya. Subjek menentukan ada atau tidaknya suatu limit jika limit kiri sama dengan limit kanannya dan tidak cukup jika hanya melihat limit sepihak. Begitupula sebaliknya, subjek mengatakan tidak terdapat suatu limit jika limit kiri berbeda dengan limit kanannya.

Kata Kunci: Pemahaman konsep, limit, gaya kognitif, field independent

Abstract

This research is a descriptive research with a qualitative approach that aims to describe the profile of students’ understanding mathematics limit concept based on field independent cognitif style. The subjects of this research was student on second semester of UHAMKA Jakarta. The research began with a determining the research subject using GEFT instrument. Students’ willingness and consultation result with the lecturer in this subject become consideration also in choosing the research subjects. Then it was continued by giving test of understanding of the limit function concept and followed by interview. Checking the validity of the data uses triangulation of time.

The results of this research showed that the students expresses the meaning of limit given uses her own language by subtituting the known function into the give limit notation. When using the limit concept to finish the problem given, the subject saw the subsequent in the neighourhood of a point given in the problem using table. When using subsequent of a concept to determine wether the function has limit or not, the subjects use the graphic as representaion, the she used subsequent with seeing the left and right limits of the function. It if the right limit of a function is the same as the left limit, is not enough only by seeing the limit in one side to determine whether a function has a limit or not. In the contrary, student said that the function has no limit if the left limit is different from the right limit.

Keywords: Understanding the concept, limit, cognitive style, field independent



Full Text: PDF