Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MULTI REPRESENTASI BERBANTUAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Wilda Febriana Wijayanti, Nizaruddin Nizaruddin, Kartinah Kartinah

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Penelitian ini untuk menguji efektivitas pembelajaran Multi Representasi berbantuan metode Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Nilai rata-rata kelas eksperimen 1= 85,17; kelas eksperimen 2 = 82,06; dan pada kelas kontrol = 76,5. Diperoleh bahwa pembelajaran Multi Representasi berbantuan metode Mind Mapping lebih efektif dari pembelajaran konvensional, pembelajaran Multi Representasi lebih efektif dari pembelajaran konvensional, dan terdapat perbedaan antara pembelajaran Multi Representasi berbantuan metode Mind Mapping dan pembelajaran Multi representasi terhadap kemampuan pemecahan masalah. Sesuai dengan Kozma (2003) menyatakan penggunaan multi representasi meningkatkan ingatan dan kemampuan memecahkan masalah dengan membantu peserta didik mengkodekan masalah.

Kata Kunci : Efektivitas, Multi Representasi, Mind Mapping, Kemampuan pemecahan masalah.

 

Abstract

The aim of this study was to test the effectiveness of multiple representation-assisted learning Mind Mapping method towards problem solving abilities. The study population was the XI grade students of 2 Senior High School State Semarang academic year 2015/2016. The average value of the experimental class 1 = 85.17; experimental class 2 = 82.06; and the control class = 76.5. Provided that the Multiple Representation assisted learning Mind Mapping method is more effective than conventional learning, learning is more effective Multiple Representation of conventional learning, and there is a difference between learning Multi Representation assisted learning methods Mind Mapping and Multi representation of the problem-solving ability. In accordance with Kozma (2003) suggests the use of multiple representations improve memory and problem-solving skills to help learners encodes problem.

Keywords: Effectiveness, Multi Representation, Mind Mapping, problem-solving ability.


Full Text: PDF