Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP
Widya Kusumaningsih

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Makalah ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi, diantaranya adalah kemampuan berpikir aljabar. Selain kemampuan matematis, hal yang tak kalah penting yang perlu dikembangkan adalah sikap adaptif positif siswa salah satunya yaitu kemandirian belajar. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat terus mengembangkan kemampuan yang mendukung proses pembelajaran. Faktor lain yang harus diperhatikan dalam mempelajari matematika, selain faktor kemampuan matematis siswa, kemauan, dan kecerdasan tertentu, kesiapan guru, kesiapan siswa, kurikulum, dan metode pembelajarannya, faktor yang tak kalah pentingnya adalah faktor jenis kelamin siswa (gender). Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika dewasa laki-laki memiliki keunggulan kemampuan matematika dalam aspek kognitifnya, sedangkan perempuan lebih unggul aspek afektifnya. Namun pada kenyataannya prestasi siswa perempuan lebih mendominasi di bandingkan dengan prestasi siswa laki-laki. Dalam makalah ini akan mengkaji tentang pengaruh gender terhadap kemampuan berpikir aljabar dan kemandirian belajar siswa SMP/MTs.

 

Kata Kunci : Gender, Kemampuan Berpikir Aljabar, Kemandirian Belajar

Abstract

The paper is fundamental of importance of mathematical higher order thingking skills, including the algebraic thinking ability. Furthermore, the other important things that needs to be developed is adaptive positive attitude of students, one of them is self regulated learning. Thus, students are expected to develop capabilities that support the learning process. There are several factors must be considered to learn mathematics subject, beside of students' mathematical ability, willingness, and a certain intelligence, teacher readiness, student readiness, curriculum and learning methods, the other important factor is students' sex (gender). Some research indicates that when an adult male has the advantage of mathematical abilities in the cognitive aspects, while women are more superior in the affective aspects. But in fact, the learning outcomes of female students are better than male students. In this paper, we review the influence of gender on algebraic thinking skills and self regulated learning of the junior high school students.

Keywords : gender, algebraic thinking ability, self regulated learning


Full Text: PDF