Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
APLIKASI ANDROID BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK CALON GURU MATEMATIKA
Lilik Ariyanto, Agung Handayanto, Supandi Supandi, Widya Kusumaningsih

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Belajar dan update informasi saat ini cukup membuka e-book di computer, laptop, tablet maupun smart phone yang sedang ramai dipasaran dengan harga yang semakin terjangkau. Layanan internet yang ditawarkan di smart phone maupun tablet yang mudah dibawa kemanamana oleh user sekarang bertarif murah dan mudah aksesnya, banyak informasi yang dapat di akses baik yang berdampak positif maupun negatif bagi penggunanya. Pemanfaatan teknologi serta kegiatan Belajar mengajar memerlukan kemampuan yang bukan biasa-biasa saja, akan tetapi kemampuan berpikir kreatif juga diperlukan guna mendukung terwujudnya guru matematika yang berkompeten dan professional. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana mendapatkan aplikasi android dan perangkat pembelajaran yang sesuai untuk mahasiswa calon guru matematika guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis mereka. Metode penelitian ini mengadopsi teori pengembangan four-D oleh Thiagarajan. Pada artikel ini, yang dibahas baru sampai hasil validasi ahli saja. Validator yang berperan dalam penelitian ini adaalah, ahli matematika statistik, ahli pembelajaran matematika, ahli multimedia pembelajaran, serta dosen pengampu matakuliah teori peluang. Hasil validator secara umum menunjukkan cukup baik untuk digunakan baik dari aplikasi androidnya maupun perangkat berbasis discovery learning yang akan digunakan dalam pembelajaran, tetapi ada beberapa hal yang harus direvisi agar hasilnya sesuai dengan tujuan penelitian yang ditargetkan.

Kata Kunci: android, discovery learning, berpikir kreatif.

 

Abstract

Learn and update information currently quite open e-book on your computer, laptop, tablet or smart phone that is being crowded market with a more affordable price. The internet service is offered in smart phones and tablets are easy to carry kemanamana by the user is now a low-cost and easy access, lots of information that can be accessed both positive and negative impacts for its users. The use of technology as well as teaching learning activities require capabilities that are not mediocre, but also creative thinking abilities required to support the realization of math teachers who are competent and professional. The purpose of this study is how to get android applications and learning tools appropriate for student teachers of mathematics in order to improve their mathematical ability to think creatively. This research method adopted the theory of the development of the four-D by Thiagarajan. In this article, which discussed new to the results of expert validation only. Validator that play a role in this research adaalah, statistical mathematician, a mathematics learning, learning multimedia expert and lecturer of the course the opportunity theory. Validator results generally show good enough to use either of the app for Android and discovery-based learning tools that will be used in learning, but there are some things that should be revised so that the results are consistent with the objectives targeted research.

Keywords: android, discovery learning, creative thinking.


Full Text: PDF