Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
PEMBELAJARAN BERBASIS PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH (JUCAMA) PADA MATAKULIAH PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHAMAHASISWA
Dwi Erna Novianti, Anis Umi Khairatunnisa’

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Bojonegoro pada matakuliah Program Linear dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Kreativitas merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika dan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah melalui pembelajaran matematika yang berbasis pengajuan dan pemecahan masalah atau yang disingkat sebagai model JUCAMA. Pada penelitian ini, pembelajaran matematika yang yang diterapkan adalah pembelajaran berbasis pemecahan dan pengajuan masalah pada matakuliah Program Linear dengan materi 1)Pola umum Pemrograman Linear, 2)Menyelesaikan permasalahan Pemrograman Linear dengan metode Grafik, dan 3)Menyelesaikan permasalahan Pemrograman Linear dengan metode Subtitusi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini akan menggunakan dokumentasi, angket, tes berpikir kreatif dan tes hasil belajar. Untuk tes berpikir kreatif, digunakan rubrik penilaian berpikir kreatif. Dari hasil penelitian diperoleh berdasarkan kriteria pencapaian efektifitas pembelajaran matematika dengan model JUCAMA yang telah ditetapkan peneliti, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika model JUCAMA efektif untuk mengajarkan matakuliah Program Linear dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif yang mangalami peningkatan. Selain itu aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran dan respons mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran JUCAMA ini juga cukup baik.

Kata Kunci: :  Pengajuan dan Pemecahan Masalah, Program Linear, Berpikir Kreatif.

 

Abstract

The purpose of this research was to determine the increase in the ability to think creatively students of Mathematics Education,  IKIP PGRI Bojonegoro on the material Linear Program by using Problem Posing dan Problem Solving. Creativity is important in mathematics and one model of learning that can be used to improve the ability to think creatively is through math-based learning and problem-solving or as a model JUCAMA. In this research, the mathematics that is applied is based learning solution and filing problems on the course program Linear with material 1) The general pattern of Linear Programming, 2) Solving problems Linear Programming method Graph, and 3) Solving problems Linear Programming with the method of substitution. Methods of data collection in this research will use the documentation, questionnaires, tests of creative thinking and achievement test. To test creative thinking, creative thinking assessment rubric used. The result were obtained based on the criteria of effectiveness of learning mathematics achievement with predefined models JUCAMA researchers, it can be concluded that an effective math learning models to teach subjects JUCAMA Linear Program and can improve the ability to think creatively. It can be seen from the results of learning and creative thinking skills that increase. In addition students activity in learning and students response to the application of JUCAMA learning model is also good.

Keywords : Problem Posing and Problem Solving, Linear Programming, Creative Thinking



Full Text: PDF