Last modified: 2016-10-06
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dan model pembelajaran Inkuiri berbantuan Geogebra dalam pembelajaran matematika ditunjukan dari hasil belajar matematika siswa yang lebih baik dari pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banjarharjo. Hasil penelitian ini menunjukan 1) efektivitas model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra lebih baik dari pada efektivitas model pembelajaran konvensional, 2) efektivitas model pembelajaran Inkuiri berbantuan Geogebra lebih baik dari pada efektivitas model pembelajaran konvensional, dan 3) efektivitas model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra sama dengan efektivitas model pembelajaran Inkuiri berbantuan Geogebra. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dan model pembelajaran Inkuiri berbantuan Geogebra lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional dalam pembelajara matematika kelas XI SMA Negeri 1 Banjarharjo.
Kata kunci : Efektivitas, PBL, Inkuiri, Geogebra.
ABSTRAK
This study aims to determine the effectiveness of the learning model PBL Geogebra aided and assisted inquiry learning model in learning mathematics Geogebra is shown by the result of students’ mathematics learning better than conventional learning. This research was conducted in SMA N 1 Banjarharjo. These results indicated 1) the effectiveness of PBL model Geogebra assisted learning better than the effectiveness of conventional learning model., 2) the effectiveness of assisted Geogebra inquiry Learning is better than the effectiveness of conventional learning model. 3) the effectiveness of PBL model Geogebra assisted Learning equals the effectiveness of assisted Geogebra inquiry Learning. This shows that PBL model Geogebra assisted learning and assisted Geogebra inquiry learning model more effective than conventional learning model in the XI grade math learning SMA N 1 Banjarharjo
Keyword : Effectiveness, PBL, Inkuiri, Geogebra.