Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
IDENTIFIKASI TAHAP BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS-VII DENGAN PANDUAN TINGKATAN PERKEMBANGAN BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE
Aliksia Kristiana Dwi Utami

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa. Geometri merupakan salah satu bidang penting dari matematika yang memiliki efek penting pada pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Pada setiap tingkat berpikir kreatif, siswa mengalami tahapan berpikir geometri yang berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi tahap berpikir kreatif matematis peserta didik kelas-VII dengan panduan tingkatan perkembangan berpikir geometri Van Hiele. Prosedur pada penelitian ini meliputi validasi, pembelajaran di kelas, tes kemampuan berpikir kreatif, analisis hasil tes kemampuan berpikir kreatif, wawancara, analisis hasil wawancara, dan catatan lapangan. Diperoleh hasil penelitian pada tahap visualisasi, TKBK(Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif) 4 sampai TKBK 0 lancar menggolongkan jenis bangun segiempat berdasarkan gambar. TKBK 4 sampai TKBK 2 kurang lancar menyebutkan benda-benda selain yang berbentuk persegi dan persegi panjang, sedangkan siswa pada kelompok TKBK 1 dan TKBK 0 kurang lancar menyebutkan benda-benda selain yang berbentuk persegi panjang. Pada tahap analisis keseluruhan siswa dari TKBK 4 sampai TKBK 0 cenderung mengingat-ingat konsep sifat-sifat segiempat yang ada di buku. Semua siswa pada TKBK 4 lancar menganalisis sifat-sifat segiempat kecuali sifat diagonal berpotongan tegak lurus, sedangkan semua siswa pada TKBK 3 sampai TKBK 0 lancar menganalisis sifat-sifat segiempat kecuali sifat kesejajaran dan sifat diagonal berpotongan tegak lurus. Pada tahap deduksi informal, siswa pada kelompok TKBK 4 sampai TKBK 3 kurang lancar melihat hubungan antar sifat dalam satu bangun. Sedangkan TKBK 2 sampai TKBK 0 tidak lancar melihat hubungan antar sifat dalam satu bangun.

Kata kunci         : Berpikir Kreatif, Geometri, Identifikasi, Van Hiele

Abstract

Creative thinking is one of the students' ability to be possessed. Geometry is one of the important areas of mathematics which has important effects on the development of creative thinking skills of students in mathematics. At every level of creative thinking, students experiencing the stage of thinking of different geometries. This study is a qualitative research that aims to identify the stages of creative thinking mathematically students grade VII with a guide level of development thinking Van Hiele geometry. The procedure in this research include validation, classroom learning, creative thinking ability tests, analyzes the results of creative thinking ability tests, interviews, analysis of interviews, and field notes. Obtained results of the study at this stage of visualization, TKBK (Creative Thinking Skills Level) 4 to TKBK 0 smoothly classifying types waking quadrilateral by drawing. TKBK 4 to TKBK 2 substandard mention objects other than the square and rectangle, while students in group 1 and TKBK 0 substandard mention objects other than rectangular. In the analysis phase of a student's overall TKBK 4 to TKBK 0 tend to remember the concept of the properties of the quadrilateral in the book. All students at TKBK 4 smoothly analyze the properties of the quadrilateral unless properties perpendicular intersecting diagonal, while all students at TKBK 3 to TKBK 0 smoothly analyze the properties of the quadrilateral except alignment properties and properties perpendicular intersecting diagonal. At the stage of informal deduction, students in groups of 4 to TKBK 3 TKBK substandard see the relationship between properties in a single build. While TKBK 2 to TKBK 0 noncurrent see the relationship between properties in a single build.

Keywords: Creative thinking, Geometry, Identification, Van Hiele.


Full Text: PDF