Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
PERANCANGAN DESAIN WEB AUTHENTIC ASESSMENT PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SMA DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
Achmad Buchori, Rina Dwi Setyawati

Last modified: 2016-10-12

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa desain web authentic assessment matematika online dan offline pada mata kuliah matematika SMA yang valid digunakan di program studi pendidikan matematika di Universitas PGRI Semarang, sehingga dapat menghasilkan calon pendidik yang cerdas, kreatif, inovatif dan mampu bersaing di abad 21. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang pada pelaksanaannya hanya sampai pada tahapan Tahap Develop preliminary form of product untuk menghasilkan produk yang valid oleh ahli. Tahapan ini validasi ahli oleh 4 dosen yaitu 2 dosen ahli materi dan 2 dosen ahli media dari perguruan tinggi Universitas PGRI Semarang dan Universitas Negeri Semarang.Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa desain web Authentic Asessment Matematika telah valid berdasarkan validasi oleh ahli dan respon mahasiswa , yaitu: (1) validasi ahli materi dengan prosentase sebesar 86%,(2) Validasi media dengan prosentase sebesar 90%. (3) respon mahasiswa terhadap produk web authentic asessment dengan prosentase sebesar 85%. Kevalidan produk tersebut diharapkan dapat memudahkan dosen dan mahasiswa dalam belajar dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian. Kemudian diperoleh rata-rata hasil belajar mahasiswa matematika semester 5 di universitas PGRI Semarang yaitu lebih dari 80 dengan kategori baik.Kata Kunci: Perancangan, Desain, Authentic Assessment Matematika

 

Abstract

 

The purpose of this research is to produce products such as web design authentic assessment math online and offline course on high school math is valid to use in the course of mathematics education at the Semarang PGRI university, so as to produce a prospective educators are smart, creative, innovative and able to compete in a century 21. this research method using Borg and Gall development model that in practice only to the stage of Phase Develop preliminary form of product to produce valid by experts. This stage of expert validation by four lecturers are 2 faculty subject matter experts and two media expert lecturers from universities University of PGRI Semarang and Semarang State University.From the research results can be concluded that web design has a valid Mathematics Authentic assessment is based validation by experts and student response, namely: (1) validation of subject matter experts with a percentage of 86%, (2) Validation of the media with a percentage of 90%. (3) the response of students to authentic assessment web products with a percentage of 85%. The validity of these products are expected to facilitate faculty and students in learning in implementing the learning and assessment process. Then obtained an average result of learning mathematics student at the Semarang PGRI university semester 5 is over 80 with a good category.Keywords: Analysis, Design, Authentic Assessment of Mathematics


Full Text: PDF