Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika
Tatag Yuli Eko Siswono

Last modified: 2016-10-03

Abstract


Kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif semakin diperlu dalam kehidupan ini. Masyarakat dunia menghadapi permasalahan global seperti perkembangan penduduk, keterbatasan sumber daya, perubahan mode lapangan pekerjaan, perubahan iklim akibat pemanasan global, perubahan budaya, dan perubahan dinamis ekonomi masyarakat. Persaingan semakin ketat tetapi dilain pihak kerjasama dan fleksibilitas dalam menghadapi pekerjaan dan sesuatu tetap diperlukan. Kondisi demikian merupakan tantangan dunia pendidikan sekaligus kewajiban guru yang langsung menghadapi generasi masa depan. Pendidik perlu semakin dibuka kesadarannya bahwa pesan pendidikan bukan sekedar menyampaikan materi tetapi mendidik membangun kemampuan kritis sekaligus kreatif. Pendidik perlu mewariskan budaya untuk cermat, sistematis,evaluatif, analitis, fleksibel, dan menerima ide-ide yang berbeda. Guna membekali harapan tersebut terutama bagi guru matematika, tulisan ini akan membahas ikwal tentang kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, dan pembelajaran yang mendorong kemampuan tersebut.

 

Abstract

Critical thinking and creative thinking skills increasingly in this life. The world community facing the the global problems such as population growth, resource limitation, changes in mode of employment, climate change caused by global warming, cultural change, and dynamic changes in the local economy. Competition is getting tougher but on the other hand the cooperation and flexibility in the face of work and something still needed. Such conditions is a challenge and a duty teacher education are directly facing future generations. Educators need to be more open awareness that education is not just a message delivered material to educate build capabilities critical but creative. Educators need to pass on the culture to be more vigilant, systematic, evaluative, analytical, flexible, and accept different ideas. To equip these expectations, especially for mathematics  teachers, this paper will discuss on critical thinking skills, creative thinking skills, and learning that encourages such capabilities.


Full Text: PDF