Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional KeIndonesiaan II Tahun 2017

Font Size: 
PENDIDIKAN INKLUSI BAGI SEKOLAH DASAR DI PEDESAAN
Donny Anhar Fahmi

Last modified: 2017-05-31

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dan efektif, baik peserta didik regular dan anak berkebutuhan khusus. Permasalahan yang dikaji mengenai bagaimanakah pendidikan inklusi bagi sekolah dasar di pedesaan ? Sedangkan tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui pendidikan inklusi bagi sekolah dasar di pedesaan, sedangkan manfaat penulisan ini sebagai berikut: (1) dapat dijadikan referensi untuk membuat kebijakan tentang pendidikan di daerah, (2) dapat menjadi pertimbangan sekolah-sekolah dipedesaan untuk merancang pendidikan inklusi. Kesimpulan dari penulisan pendidikan inklusi bagi sekolah dasar pedesaan dapat diterpakan dengan model-model sebagai berikut: (1) kelas regular atau inklusi penuh, (2) cluster, (3) pull out,(4) cluster and pull out, (5) kelas khusus, (6) khusus penuh, Dan sekolah-sekolah dapat meningkatkan infrastruktur dan tenaga kependidikan, sehingga akan mendapat hasil yang maksimal.Sedangkan saran dari penulisan ini yaitu dapat dijadikan referensi bagi pendidik tentang pendidikan inklusi dan perlu memperhatikan karakteristik masyarakat saat menerapkan pendidikan inklusi.

Kata kunci: Sekolah Dasar, Pendidikan inklusi, ABK


Full Text: PDF