Last modified: 2017-05-31
Abstract
Kegiatan kurikuler sebagai salah satu strategi implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti: penetapan karakter pada setiap mata kuliah, gerakan anti menyontek, dll. Agar penerapannya dapat berjalan dengan baik diperlukan pemahaman konsep, maupun kelebihan dan kekurangan bentuk-bentuk tersebut. Oleh karena itu penulis menganggap penting melakukan analisis dan hasilnya dituangkan melalui makalah ini. Tujuan penulisan adalah untuk menemukan kelebihan dan kekurangan setiap bentuk kegiatan kurikuler sebagai strategi implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi. Metode penulisan dengan telaah pustaka dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelebihan dan kekurangan bentuk kegiatan kurikuler sebagai strategi implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi dapat dilihat antara lain dari sifat, pembuat/penyusun, pelaksana, waktu, beaya, pengelolaannya, dll.
Kata Kunci: Kegiatan Kurikuler, Strategi Implementasi, Pendidikan Karakter