Last modified: 2017-05-31
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media turbum terhadap hasil belajar materi struktur bumi mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 02 Cepiring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Quasi-Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design.. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 02 Cepiring tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 29 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pembelajaran sebelum menggunakan media pembelajaran turbum terdapat 7 siswa yang tuntas dengan persentase persentase 24,14% dan 22 siswa belum tuntas dengan persentase 75,86%. Sedangkan setelah diberi perlakuan (posttest) dengan menggunakan media pembelajaran turbum yang tuntas 20 siswa dengan persentase 68,97% dan 9 siswa yang belum tuntas dengan persentase 31,03%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil thitung =5,277 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel =2,048 dengan db =29-1 pada taraf signifikan 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > t tabel yaitu 5,277>2,048. Kesimpulannya bahwa media turbum dalam mata pelajaran IPA materi Struktur Bumi efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Cepiring.
Kata kunci : hasil belajar, media turbum, struktur bumi