Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2012

Font Size: 
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dengan pendekatan PAIKEM berbantuan CD Pembelajaran pada siswa sekolah dasar
Fine Reffiane, Aries Tika Damayani, Donny Anhar Fahmi, M Nur Arifin

Last modified: 2013-12-09

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Pembelajaran Tematik dengan pendekatan PAIKEM berbantuan CD Pembelajaran pada siswa sekolah dasar.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, dengan perangkat pembelajaran dengan  pendekatan PAIKEM berbantuan CD pembelajaran Tema Lingkungan  yang dikembangkan dan diuji cobakan dapat menghantarkan peserta didik mencapai atau melampaui KKM.

Berdasarkan penelitian rata-rata nilai kelas III-A dan III-B berturut-turut yaitu 74,6 dan 68,5. Persentase ketuntasan klasikal di kedua kelas tersebut mencapai 85% (29 dari 34 siswa kelas eksperimen) dan 76% (26 dari 34 siswa kelas kontrol). Walaupun ketuntasan klasikal tinggi, masih ada beberapa siswa di kelas III-B yang belum tuntas belajar. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki tingkat pemahaman dan pencapaian hasil belajar yang berbeda-beda. Hal ini nampak dari 20% siswa (9 dari 34 siswa)) di kelas kontrol yang belum tuntas. Hasil kreativitas siswa terhadap pembelajaran tematik diukur dengan menggunakan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil kreativitas siswa menunjukkan bahwa dari kelas III-A dan III-B siswa yang kreatif mencapai 76% (26 dari 34 siswa kelas eksperimen) dan 41% (14 dari 34 siswa kelas kontrol). Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki tingkat ke kreatifan yang berbeda-beda. Hal ini masih terdapatnya 6% siswa (2 siswa) di kelas kontrol yang kurang kreatif. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran tematik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kriteria sangat baik. Jumlah siswa yang memberikan tanggapan sangat baik sebesar 95% (32 dari 34 siswa kelas eksperimen) dan 94% (31 dari 34 siswa kelas control).

Perangkat pembelajaran tematik berbantuan CD pembelajaran tema lingkungan kelas 3 yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar (BAPD), CD pembelajaran, tes hasil belajar adalah valid menurut para ahli, hasil validasi perangkat pembelajaran oleh 3 validator menunjukkkan  hasil baik dengan rata-rata 3,74. Perangkat pembelajaran tematik dengan pendekatan PAIKEM berbantuan CD pembelajaran yang dikembangkan dikatakan efektif karena 3 indikator efektif terpenuhi yaitu: (1) Tuntas pada tes kemampuan berpikir kreatif, (2) ada pengaruh aktivitas terhadap tes kemampuan berpikir kreatif, (3) ada perbedaan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, PAIKEM, CD Pembelajaran


Full Text: PDF