Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2012

Font Size: 
PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL
M.Th.S.R. Retnaningdyastuti, Ismatul Khasanah, Venty .

Last modified: 2013-11-06

Abstract


Research on the "Establishment of the character of children through the traditional game" aims to: (1) Finding, reconstruct, and classify the traditional game that is in Central Java, according to the cultural values ​​and the character of children and society. (2) analyze the traditional game as one of the media in shaping the character of the child as well as one of the media stimulated the development of the physical aspects of motor, social, emotional, cognitive and language

This study is a procedure that produces descriptive data in the form of words derived from different data collection techniques used in this research is to use the method of observation, questionnaires and interviews. The research was conducted in four phases: Phase I: Stage preliminary / initial field observations done; Phase II: Initial development, design to identify traditional games conducted in kindergarten in the district of South Semarang; Phase III: Conduct interviews, filling the questionnaire / poll about traditional games, and phase IV: analyzing the benefits of traditional games as a stimulant aspects of child development, phase V: Products produced guidelines kinds of games as a means of shaping the character of children.

Keywords: Formation of Character, Children's Preschool, Traditional Games.

 

Penelitian tentang “Pembentukan karakter anak melalui permainan tradisional” ini bertujuan untuk : (1) Mencari, merekonstruksi, dan mengklasifikasi permainan tradisional yang ada di Jawa Tengah sesuai dengan nilai budaya dan karakter anak dan masyarakat. (2) Menganalisis permainan tradisional sebagai salah satu media  dalam pembentukan karakter anak sekaligus sebagai salah satu media stimulasi perkembangan yaitu aspek fisik motorik, sosial emosional, kognitif dan bahasa.

Penelitian ini merupakan prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang diperoleh dari berbagai teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, kuisioner dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu : Tahap I : Tahap pendahuluan/ awal dilakukan dengan observasi lapangan; Tahap II : Pengembangan awal, rancangan untuk mengidentifikasi permainan tradisional yang dilakukan di TK di kecamatan Semarang Selatan;  Tahap III : Melakukan wawancara, pengisian kuisioner / angket tentang permainan tradisional; dan Tahap IV : menganalisis manfaat permainan tradisional sebagai stimulan aspek perkembangan anak, tahap V: menghasilkan Produk pedoman jenis permainan sebagai sarana pembentukan karakter anak.

 

Kata Kunci : Pembentukan Karakter, Anak Prasekolah, Permainan Tradisional.


Full Text: Full Text