Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2012

Font Size: 
Profil Pembelajaran Berpidato: Sebuah Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP Kelas IX
Nanik Setyawati, Larasati Larasati, Zainal Arifin, Eva Ardiana

Last modified: 2014-01-10

Abstract


The objective of this study is to describe an analysis of speech learning need, based on junior high school students and Indonesian language teacher’s opinion tendency. This research is carried out by descriptive analysis. Survey is used as a method of the study. There are nine elements of speech which attract junior high school students, namely: (1) theme, (2) forum, (3) technique, (4) performance, (5) model, (6) language variety, (7) process, (8) speech learning, and (9) preparation. Those nine elements are devided  into thirty points. Meanwhile, the learning profile element done by the teachers consists of five aspects. There are speech material, process, model, implementation, and learning. Those aspects, then, are divided into some indicators.

 

Key words: Speech Learning, Need Analysis, Teaching Material

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan pembelajaran berpidato, yang dijaring dari kecenderungan siswa SMP dan pendapat guru bahasa Indonesia. Penelitian tentang profil pembelajaran berpidato ini dalam kerangka besarnya merupakan penelitian deskriptif. Adapun secara khusus, dalam pelaksanaanya, penelitian ini menggunakan pendekatan survei. Berdasarkan analisis, Profil berpidato yang diminati oleh siswa SMP berkaitan dengan Sembilan aspek berpidato, yaitu (1) tema pidato, (2) forum pidato, (3) teknik berpidato, (4) penampilan, (5) model berpidato, (6) ragam bahasa pidato, (7) proses pidato, (8) pembelajaran pidato, dan (9) persiapan pidato. Kesembilan aspek pidato tersebut terurai dalam tiga puluh butir aspek khusus. Adapun Profil pembelajaran yang dilaksanakan guru dirinci dalam lima aspek, yakni (1) materi pidato, (2) proses pidato, (3) model pidato, (4) pelaksanaan pidato, dan (5) pembelajaran pidato. Kelima uraian tersebut dijabarkan dalam beberapa indikator.

 

Kata Kunci: pembelajaran berpidato, analisis kebutuhan, bahan ajar


Full Text: PDF