Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
METODE TEAM QUIZ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP KELAS VI SDN 02 GEMULUNG KABUPATEN JEPARA
Cahyo Ragil Saputra, Zainal Arifin, Fine Reffiane

Last modified: 2018-07-24

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Team Quiz dapat  meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi Ciri-ciri Khusus Makhluk Hidup kelas VI di SDN 02 Gemulung Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terjadi dalam dua pertemuan.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI  SDN 02 Gemulung dengan jumlah 19 orang yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Dan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, dokumentasi dan tes.  Berdasarkan hasil penelitian saat pra siklus diketahui bahwa nilai siswa masih rendah, karena hanya mendapatkan rata-rata sebesar 64,21 dan ketuntasan belajar hanya 15,79%. Hasil penilaian siklus I diketahui bahwa nilai rata-rata siswa adalah  68, 16 dengan ketuntasan belajar klasikal 47,47% dan pada siklus II diketahui bahwa nilai ratarata siswa adalah 80,26 dengan ketuntasan belajar klasikal 89,47%. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran team quiz dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri khusus makhluk hidup kelas VI SDN 02  Gemulung Kabupaten Jepara

Kata kunci : hasil belajar, metode team quiz,   

The purpose of the study to determine whether the learning method of Team Quiz can improve student learning outcomes on science learning materials Special Characteristic Behind the class VI in SDN 02 Gemulung Jepara regency. The type of this research is a classroom action research consisting of two cycles and each cycle occurs in two meetings. The subject of this research is the students of class VI SDN 02 Gemulung with the number of 19 people consisting of 8 female students and 11 male students. And the data in this research is obtained by observation, documentation and test. Based on the results of the research when the pre-cycle is known that the value of students is still low, because it only gets an average of 64.21 and mastery learning only 15.79%. The results of the first cycle assessment is known that the average score of students is 68, 16 with 39.47% complete classical learning and in cycle II it is known that the average score of students is 80.26 with 89.47% classical learning completeness. So it can be concluded that the method of learning team quiz can improve science learning outcomes of the material special features of living beings class VI SDN 02 Gemulung Jepara

Keywords: income learning, team quiz methode.

Full Text: 564-571