Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENERAPAN MEDIA BLOCK DIENES TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SD NEGERI SENDANGMULYO 03 SEMARANG
Rizqi Readyanto

Last modified: 2018-07-24

Abstract


The underlying background of this research is the lack of interest of students in following the mathematics lesson with the students shown not focus on learning. Still low ability to count students in math lessons. This is due to the lack of innovative media usage. Problems in this research is how the influence of Block Dienes media on the ability to count class II State Elementary School Sendangmulyo 03 Semarang? The purpose of this study is to determine the effect of Block Dienes media on kemempuan counting class II students of State Elementary School Sendangmulyo 03 Semarang. This type of research is quantitative research. The research design used in this research is PreExperimental Design with Pretest-Posttest Design model. The population in this study is all students of class II SD Negeri Sendangmulyo 03 Semarang academic year 2017/2018. Samples taken by 38 students of class IIA and 38 students of class IIB. The data in this study were obtained through research instruments of pretest, posttest, and documentation. Based on the results of data analysis that has been done shows that there is an increase between learning before being treated with learning after treatment. Can be seen from the pretest result shows the average value of 66.84 for the experimental class and 54.73 for the control class whereas the result of the posttest shows an average of 85.26 for the experimental class and 74.21 for the control class. This is also reinforced by the final data analysis conducted using t test shows that tcount = 2.474 then compared with ttable = 1.993 with db = 38-1 at 5% significant level. This result indicates that thitung> ttable is 2,474> 1,993. So it can be concluded that there is influence between Block Dienes media to kemempuan count class II State Elementary School Sendangmulyo 03 Semarang. Suggestions that researchers can convey should be more creative teachers in choosing the right media in accordance with the material to be taught the media block dienes in order to achieve the expected goals.

Keywords : Media Block dienes, Ability to Calculate, Mathematics

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dengan ditunjukan siswa tidak fokus pada pembelajaran. Masih rendahnya kemampuan berhitung siswa pada pelajaran matematika. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaan media yang inovatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media Block Dienes terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SD Negeri Sendangmulyo 03 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Block Dienes terhadap kemempuan berhitung siswa kelas II SD Negeri Sendangmulyo 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan model Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Sendangmulyo 03 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil 38 siswa kelas IIA dan 38 siswa kelas IIB. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian pretest, posttest, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada peningkatan antara pembelajaran sebelum diberi perlakuan dengan pembelajaran sesudah diberi perlakuan. Dapat dilihat dari hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 66,84 untuk kelas eksperimen dan 54,73 untuk kelas kontrol sedangkan hasil dari posttest menunjukkan rata-rata sebesar 85,26 untuk kelas eksperimen dan 74,21 untuk kelas kontrol. Hal ini juga diperkuat dengan analisis data akhir yang dilakukan menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung= 2,474 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel=1,993 dengan db= 38-1 pada taraf signifikan 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,474>1,993. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara media Block Dienes terhadap kemempuan berhitung siswa kelas II SD Negeri Sendangmulyo 03 Semarang. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru lebih kreatif dalam memilih media yang tepat sesuai dengan materi yang akan di ajarkan yaitu media block dienes agar tercapainya tujuan yang diharapkan.

Kata Kunci: Media Block dienes, Kemampuan Berhitung, Matematik

Full Text: 535-546