Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL INQUIRY DISCOVERY BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 NOLOKERTO
Nugroho Pamungkas, Mila Karmila, Sukamto Sukamto

Last modified: 2018-07-24

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kegiatan belajar yang masih menggunakan cara konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui keefektifan model inquiry discovery berbantu media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Nolokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Nolokerto dengan jumlah siswa 30. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan observasi. Hasil pengujian hipotesis pada hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa hasil thitung>ttabel yaitu1,169> 2,045 diperoleh thitung = 7,169 dengan db = 30-1 = 29 pada taraf signifikan a=5% karenat hitung>ttabel maka Ho ditolak Ha diterima. Rata-rata nilai posttest sebesar 82,8 nilai pretest sebesar 62,2 sedangkan KKM yang ditetapkan sebesar 75. Terdapat adanya peningkatan hasil belajar setelah pembelajaran menggunakan model inquiry discovery. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry discovery berbatu media gambar efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Nolokerto.

Kata kunci: hasil belajar, IPA, Model Inquiry Discovery

The encouraging background of this research is learning activities that still use conventional methods and do not use instructional media. Thus causing the student learning outcomes are still low. This research is shown to know the effectiveness of inquiry discovery model assisted by the image media on the result of science learning of grade V students of SD Negeri 2 Nolokerto. This type of research is quantitative research in the form of Pre Experimental Design with One Group Pretest Posttest Design design. The subjects of this study are the students of grade V of SD Negeri 2 Nolokerto with the number of students 30. The data in this study is obtained through tests, documentation and observation. The result of hypothesis testing on cognitive learning result shows that the result of tcount> ttable is 1.169> 2.045 obtained tcount = 7,169 with db = 30-1 = 29 at significant level a = 5% karenat count> ttable then Ho rejected Ha accepted. The average posttest value of 82.8 pretest value of 62.2 while the KKM is set at 75. There is an increase in learning outcomes after learning using inquiry discovery model. It can be concluded that the learning model inquiry discovery rocky media effective image of science learning outcomes of students of grade V SD Negeri 2 Nolokerto.

Keywords: learning outcomes, IPA, Model Inquiry Discovery


Full Text: 497-503