Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PERMAINAN TRADISIONAL MEMBANGUN PUNDEN BERUNDAK-UNDAK PADA TEMA “INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU” KELAS IV SEKOLAH DASAR
Muhammad Syaifuddin, Mei Fita Asri Untari, Ahmad Nashir Tsalatsa

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Tujuan yang dicapai  dalam penelitian ini adalah (1) mengembangkan permainan tradisional membangun punden berundak-undak pada tema “Indahnya Keragaman di Negeriku” kelas IV sekolah dasar dan (2) untuk mengetahui keberterimaan permainan tradisional membangun punden berundak-undak Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian research and development (R&D) dari borg anda gall namun hanya sampai langkah 4 yaitu pada tahap uji coba yang dilakukan di SD Negeri 1 Mindahan. Hasil validasi materi dan media tahap 1 adalah 91,6% dan 92% , pada tahap 2 mendapatkan hasil 93% dan 92% dalam kategori sangat baik atau layak digunakan. Permainan membangun punden berundak-undak dapat diterima oleh guru sebesar 96,5% dan peserta didik 93% atau dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah permainan tradisional membangun punden berundak-undak layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat diterima dengan baik oleh guru dan peserta didik. Hendaknya permainan tradisional membangun punden berundak-undak dapat dijadikan media pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Kata kunci : Pengembangan, Permainan tradisional, Membangun Punden Berundak-undak, Kelas IV,  Sekolah Dasar.

The purpose that achieved in this research are (1) developed the traditional games of membangun punden berundak - undak on the theme “Indahnya Keragaman di Negeriku” fourth grade students of Elementary School and (2) to find out the acceptance of traditional games  membangun punden berundak – undak. The research methodology that used in this research is R&D (Reseach and Development) from Borg anda gall but only up to 4 steps that is on the trial step that done at SD N 1 Mindahan. The result of material and media validation on the stage 1 is 91,6% and 92%, on the stage 2 obtained the number 93% and 92% in the category of „very good‟ and possible to use. This traditional game acceptable to teachers by 96,5% and students by 93% or in the category of „very good‟. The conclusion of this research is traditional games Membangun Punden berundak undak worthy being use as learning media and can be well received by teachers and students. Traditional games Membangun Punden berundak undak can be learning media to create fun learning atmosphere.

Keywords: development, traditional games, Membangun Punden Berundakundak, Fourth grade, Elementary School.


Full Text: 409-418