Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION BERBANTU MEDIA ROTAPANDAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN MOJO 2 ANDONG BOYOLALI
Rifki Dewi Noor Azizah

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran RME (Realistics Mathematic Education) dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang materi pecahan. Peneliti menggunakan metode eksperimen kontrol yang dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mojo 2 Andong Boyolali Tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang yang terbagi menjadi 2 kelas. Penelitian menggunakan 2 kelas secara acak, yaitu 20 siswa kelas IV A sebagai kelas Eksperimen dan 20 siswa kelas IV B sebagai kelas Kontrol. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan metode tes yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reabilitas. Uji Hipotesis menggunakan uji t. Dengan taraf kesalahan 5% diperoleh thitung = 2,6879 dan ttabel = 2,0240 sehingga nilai thitung lebih dari ttabel (2,6879   2,0240) dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran realistics mathematic education berbantu media rotapandan mata pelajaran matematika materi pecahan.

Kata kunci: Realistik Mathematic Education, hasil belajar, pecahan


Full Text: 363-368