Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SATUAN PANJANG KELAS II
Ela Anisatul Khayati, Wijonarko Wijonarko, Joko Sulianto

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa yaitu nilai ulangan tengah semester memperoleh 65, 29. Guru juga menjelaskan bahwa pada saat penyampaian materi menggunakan model ceramah dan media yang ada dalam buku paket (BSE). Pembelajaran dengan model tersebut hasil belajar siswa kurang memuaskan yaitu masih di bawah KKM (70). Peneliti mencoba menerapkan model dan media yang berbeda, dengan harapan ada perubahan hasil belajar yang meningkat dalam penggunaan media dan model tersebut. Model yang akan digunakan dalam penelitian tersebut adalah TGT berbantu media ular tangga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One-Group Pretes-Posttest Desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase klasikal pretest (22,58%), sedangkan pada presentase klasikal posttest (90,32%), serta berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (11,773 > 1,697). Kesimpulan bahwa model TGT berbantu media ular tangga berpengaruh terhadap hasil belajar materi satuan panjang.

Kata kunci:  Team Games Tournament, hasil belajar, ular tangga, satuan panjang

This research is the low students mathematics the result of learning that is the value of test the middle of the semester to obtain 65, 29. The teacher also explained that at the time of giving the material using a model of a discourse and the media that there is in the book package (BSE). Learning of the model is the result of learning student less satisfying is still under the KKM (70). The research trying to apply the models and different media with the expectation of no change learning outcomes increase in the use of media and the model. The model who will be used in the research is TGT to media snakes and ladder. This type of research is experimental using a Pre Experimental Design used is One-Group Pretest Posttest Design. The result of research showed that the percentage of classical pretest (22, 58%), while the percentage of classical posttest (90, 32%), as based on the results of the t test is know t count more than t tabel (11, 773 > 1, 697). The conclusion of the learning model TGT to media snakes and ladder is effective against the result of learning students.

Keywords: Team Games Tournament, learning result, snake ladder, long unit


Full Text: 348-355