Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA CORONG BERHITUNG PADA MODEL NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI TEGUHAN 02
Sri Puji Lestari, Sumarno Sumarno, Wawan Priyanto

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Siswa Sekolah Dasar dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran, termasuk pelajaran matematika. Matematika merupakan pelajaran dasar dan sarana berfikir ilmiah, diharapkan materi yang dipelajari siswa dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dalam proses belajar siswa juga harus berperan aktif dam mempunyai motivasi yang tingi dalam belajar. Untuk meningkatkan motivasi siswa, guru hendaknya aktif dan inovatif dalam mendesain pembelajaran hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan media maupun model pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalam menyampaikan materi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah melalui media corong berhitung pada model number head together efektif meningkatkan hasil belajar Matemetika siswa kelas II SD Neegeri Teguhan 02?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan media corong bergitung pada model number head together siswa kelas II SD Negeri Teguhan 02 dilihat dari hasil belajar siswa.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi model concurrent embedded desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental bentuk One Group Pretest-Postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Teguhan 02. Sampel yang diambil adalah satu kelas siswa dari kelas II SD Negeri Teguhan 02. Analisis data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan tes. Parameter keefektifan dalam penelitian ini adalah nilai postest lebih tinggi dari pada nilai pretest, terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil postest dengan hasil pretest, ketuntasan hasil belajar secara klasikal lebih dari atau sama dengan 85%  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan hasil pretest dan postest yang sudah dilakukan. Rata-rata pretest  yang diperoleh siswa sebesar 56,9 dengan nilai tertinggi 80 dam nilai terrendaah 33. Sedangkan nilai rata-rata postest  yang diperoleh sebesar 76 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilaii ttabel (13,54 >1,66437) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan media corong berhitung pada model number head together dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui media corong berhitung pada model number head together hasil belajar menjadi meningkat sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran matematika kelas II SD Negeri Teguhan 02 Grobogan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikana adalah supaya media corong berhitung pada model Number Head Together dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam mengajar.

Kata Kunci: Corong Berhitung, Model Number Head Together, Hasil Belajar.


Full Text: 329-338