Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MEDIA PAPAN DIAGRAM BATANG PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DATA DAN DIAGRAM KELAS IV SDN 04 LONING
Asiyatus Suryani, Joko Siswanto, Veryliana Purnamasari

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD. Kurang adanya media untuk memfasilitasi belajar siswa. Guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah media papan diagram batang yang di terapkan pada model think pairs share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi data dan diagram kelas IV SDN 04 Loning?        Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain True Eksperimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang menjadi kelas kontrol yang terdiri dari 25 siswa dan kelas IVB yang menjadi kelas eksperimen yang terdiri dari 25 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi.  Berdasarkan analisis data awal melalui pretest pada kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata sebesar 57.86 sedangkan pada kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata sebesar 59.20. Selanjutnya kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, maka peneliti memberikan post-test untuk mengambil data akhir hasil belajar, didapatkan hasil  pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 63.73  sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,6. Hasil analisis tes hasil belajar siswa menunjukan uji t didapat thitung > ttabel yaitu 2030 > 2013. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima,artinya media papan diagram batang yang di terapkan pada model think pairs share berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 04 Loning.   Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media papan diagram batang dan model think pairs share dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam mengajar.

Kata kunci: Media Papan Diagram Batang, Model Pembelajaran Think Pairs Share, Hasil Belajar

This research is motivated by the low of student learning result in mathematics subject in elementary school. Lack of media to facilitate student learning. Teachers still use lecture methods in learning. The problem that will be studied in this research is whether the media of bar chart board applied to think pairs share model have an effect on the students' learning result of data material and the IV class diagram of SDN 04 Loning? This type of research is experimental research using quantitative approach with True Experimental Design design with Pretest-Posttest Control Group Design. The subjects in this study are the students of class IVA who become the control class consisting of 25 students and the IVB class which become experimental class consisting of 25 students. The data in this study were obtained through interview, observation, test (pretest and posttest), and documentation. Based on initial data analysis through pretest in the control class obtained an average value of 57.86 while in the experimental class obtained an average score of 59.20. Furthermore, the two classes were given different treatment, the researcher gave the post-test to get the final data of the learning result, got the result in the control class obtained the average value of 63.73 while in the experimental class obtained the average value of 81.6. The result of the test result of the student's learning result shows that t test> ttable is 2030> 2013. Based on the analysis result, it can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted, it means that the stem diagram board which applied in the think pairs share model influences the students' SDN 04 Loning.  Based on the results of this study suggestions that can be delivered is that the media bar and bar charts think pairs share model can be used as an alternative teacher in teaching.

Keywords: Staple Bar Media, Learning Model Think Pairs Share, Learning Outcomes


Full Text: 313-319