Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN DEPOK 01 TEGAL
Norma Aqmarina, Rasiman Rasiman, Qoriati Mushafanah

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Tujuan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang ada yaitu untuk mengetahui, keefektifan model Role Playing berbantu media video pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS  siswa kelas V SDN Depok 01 Tegal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian eksperimen. Desain penelitian berbentuk Pre-Experimental design. Dengan jenis one grup pretest postest design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN Depok 01 Tegal, sampelnya seluruh siswa kelas V SDN Depok 01 Tegal dan teknik sampling yang digunakan berupa Non Probality Sampling atau sampling jenuh. Uji persyaratan data yaitu uji normalitas menggunakan Liliefors, uji hipotesis menggunakan uji t-tes berpasangan, ketuntasan belajar individu. Hasil analisis statistik dengan uji –t diperoleh yaitu thitung > ttabel atau 11,2527 > 1,714. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Model role playing berbantu video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan individu siswa saat pretest 41,67% dan saat posttest 87,50% Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah dalam pembelajaran diharapkan guru memanfaatkan model Role Playing berbantu media video pembelajaran  untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dan variasi pada pembelajaran IPS khususnya materi Bab 8 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kata Kunci : Role Playing, Video Pembelajaran, Hasil Belajar

The purpose of this study is based on the existing problem formulation is to know, the effectiveness of Role Playing model assisted learning video media on the learning outcomes of IPS subjects students of class V SDN Depok 01 Tegal. This type of research is quantitative. Methods of experimental research. The research design is in the form of Pre-Experimental design. With type one group pretest postest design. The population of this study is all students of class V SDN Depok 01 Tegal, the sample is all students of class V SDN Depok 01 Tegal and sampling technique used in the form of Non Probality Sampling or saturated sampling. Test data requirements that is normality test using Liliefors, hypothesis test using paired t-test, individual learning completeness.The result of statistical analysis with t-test is tct> ttable or 11,2527> 1,714. So Ho is rejected and Ha accepted. Role-playing model helps effective learning videos in improving student learning outcomes. Completeness of individual students when pretest 41.67% and when posttest 87.50%. Based on the results of this study suggestions that can be delivered is in the expected teacher learning model Role Playing assisted learning video media to improve students' IPS learning outcomes and variations in learning social studies especially Chapter 8 Proclamation of Independence of the Republic of Indonesia.

Keywords: Role Playing, Video Learning, Learning Outcomes


Full Text: 270-276