Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 01 UNDAAN KIDUL KUDUS
Etha Fauziyyatul Amiiroh, A.Y Soegeng, Ferina Agustini

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar untuk mengetahui keefektifan Model Course Review Horay terhadap hasil belajar IPS pada siswa  kelas V SDN 01 Undaan Kidul Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design jenis Postest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Undaan Kidul Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 40 siswa kelas VA dan VB dengan menggunakan tekhnik non probability sampling jenis sampling jenuh.   Hasil penelitian diperoleh nilai posttest pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 70,25 dan nilai posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 80,5. Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji t didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (2.30337>2.0227). Selanjutnya nilai afektif siswa, perolehan nilai rata-rata pada 4 pembelajaran yaitu 74,59; 82,5; 78,335; dan 80,4. Sedangkan pada kelas eksperimen mendapatkan perolehan nilai rata-rata pada 4 pembelajaran yaitu 76,25; 86,667; 80,4; dan 82,5. Sedangkan pada nilai psikomotorik siswa perolehan nilai rata-rata pada 4 pembelajaran yaitu 73,1; 73,33; 73,1; dan 74,375. Sedangkan pada kelas eksperimen mendapatkan perolehan nilai rata-rata pada 4 pembelajaran yaitu 80; 86,25; 81,25; dan 83,125.Ketuntasan Belajar Individu sebesar 80% dan presentase Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 75%. Kesimpulan yang diperoleh bahwa Model Course Review Horay efektif terhadap hasil belajar siswa meningkat sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 01 Undaan Kidul Kudus.

This study aims to find out how much to know the effectiveness of Course Course Horay Model of IPS learning outcomes in students of grade V SDN 01 Undaan Kidul Kudus. This type of research is quantitative research in the form of True Experimental Design type Postest Only Control Design. The population of this research is all students of class V SDN 01 Undaan Kidul Kudus year lesson 2017/2018. The samples taken were 40 students of VA and VB class by using non probability sampling technique of saturated sampling type.  The result of this research is posttest value in control class with average of 70,25 and posttest value in experiment class with average of 80,5. Based on result of analysis from result of learning of control class and experiment class by using t test obtained t calculate bigger than ttable (2.30337> 2.0227). Furthermore, the affective value of students, the average score on the 4 learning that is 74.59; 82,5; 78.335; and 80.4. While in the experimental class get the average score on 4 learning that is 76,25; 86,667; 80.4; and 82.5. While on the psychomotor value of students the average score on the 4 learning that is 73.1; 73,33; 73.1; and 74.375. While in the experimental class get the average score on 4 learning that is 80; 86.25; 81.25; and 83.125.Ketual Learning Individuals by 80% and percentage of Completed Learning Classical by 75%. The conclusion obtained that the Model Course Review Horay effective on student learning outcomes increased so effectively used in learning on social studies subjects in grade V SDN 01 Undaan Kidul Kudus.


Full Text: 260-269